Thursday 6 November 2014

   
 Hai teman teman :D mau cerita pengalaman hidup yang paling menakjubkan nih di hidup saya. Baru 2 bulan Kuliah di Telkom university jurusan Sitem informasi saya sudah mengikuti banyak lomba , Tujuan utamanya bukan menang tapi mencari pengalaman sebanyak banyaknya selagi semester awal.. sehingga saya ijin tidak mengikuti UTS fisika karena harus mengikuti tahap kedua Gemastik -Keamanan jaringan.. -_- miris kan..

          Oh iya,, saya kali ini akan menceritakan pengalaman saya dan tim saat Mengikuti Final Cyber Jawara 2014 , yaitu TIm GETHUK . kami tim gethuk terdiri dari 4 orang yaitu i made iswara darmawan, i gede prawira indrawan , naufal abrian ismiyushar, dan saya Ari Apridana.. kami tim GETHUK berhasil lolos ke final setelah melewati penyisihan online yang diikuti oleh 100 tim Dari indonesia.


Alhamdullilah kami lolos ke final Cyber Jawara setelah mengalami kegagalan di seminal GEMASTIK- Keamanan jaringan dan Kurang Beruntung di Kompetisi Indonesia Cyber Army ( ICA ) di makasar. Memang benar ternyata :D Kegagalan itu adalah kemenangan yang tertunda..


     nah.. Final cyber jawara dilaksanakan pada tanggal 4-5 November 2014 di Hotel Hilton Bandung. Kebetulan kami dari Telkom University Bandung jadi gak jauh jauh haha.. setengah jam mungkin sudah sampai kalau tidak macet :D
     sampailah pada Puncak Acara yaitu tanggal 4 November 2014 di hotel hilton bandung.. disana kami bertemu dengan orang orang hebat lagi.. dan bisa ketemu dengan Pak Iwan Sumantri lagi :D sudah lama tidak berjumpa setelah acara CDC 2014 kemarin.Pada final kali ini terdapat 15 TIM yang berlomba.. 10 TIM dari finalis + 5 TIM undangan Panitia , yang tim undangan yang saya ingat yakni Pink hat juara cyber jawara taun lalu, APJII ( Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia ) , TIM cyber TNI AD , TIM cyber Kopassus dll .

Perlombaan pun dimulai.. terdapat 3 Tahap dalam final Cyber jawara 2014 ini. yang pertama tahap (1).Knowledge (2).CTF (3).Pentest




Pada tahap Knowledge atau tahap dasar Kemampuan tentang IT Security Poin kami berhasil mendapatkan peringkat ke-5 .
dan bisa dibilang tahap utama dalam final cyber jawara 2014 ini adalah tahap CTF ( Chapture the Flag ) pada tahap ini kami diberi waktu 6 jam untuk menyelesaikan  9 tantangan dengan level yang berbeda, dengan poin yang berbeda juga .

Dan Alhamdullilah Tim GEHTUK berhasil menyelesaikan lebih dari 5 tantangan dan mendapatkan Poin 1300 pada tahap CTF sehingga di Web Scoring Tim kami Menduduki Posisi ke-2 sampai waktu habis.
Web Scoring


tak disangka ternyata makanan yang dihidangkan oleh Koki hotel adalah gejtuk :) Persis dengan Nama Tim kami.ntah ini pertanda atau kebetulan saja haha :v yang penting enak

dan pada tahap Pentest kami disiapkan 1 server dan Semua tim harus berlomba untuk cepet"an Mendapatkan Akses keserver tersebut dengan segala Cara, tahap ini bisa dibilang tahap bonus jadi poinya tidak dibuat Acuan penilaian . Pada tahap ini kami Sudah mendapatkan akses terhadap server namun kami kalah cepat :) . kami Belum menyimpulkan bahwa kami bisa menang, karena Hasil dari web scoring bukan hasil akhir / final. jadi kita tunggu saja pengumuman besok tanggal 5 November 2014 .



Hotel Hilton Bandung

nah.. Acara yang dinanti nanti sudah tiba..yakni tanggal 5 November 2014 adalah pengumuman pemenang Cyber Jawara 2014, Pengumumanya tetap berlangsung di Hotel Hilton Bandung.. dan ternyata alhamdullilah Kami tim GETHUK berhasil Meraih JUARA 2 NATIONAL CYBER JAWARA 2014 :) ini seperti mimpi tapi inilah kenyataanya ..

betikut Juara Juara Cyber jawara 2014 .
Juara 1 : Tehnik UMMGL
Juara 2 : GETHUK
Juara 3 : Al-Fatih
foto bersama panitia+ para juara cyber jawara 2014


seluruh finalis cyber jawara 2014
Para Juara Cyber Jawara 2014
Foto bersama Pak Iwan Sumantri


Alhamdullilah :) kami berhasil mendapatkan juara 2 :) .Semoga dengan Ukiran Kecil prestasi dari kami ini bisa meinspirasi teman teman dan adik adik untuk semangat untuk berprestasi.. dan tujuan saya juga ingin membuktikan bahwa kata "MABA" bukan halangan kita untuk berprestasi :)
Terimakasih untuk Semua pihak yang tiada hentinya mendukung dan mensupporr TIM GETHUK , Terimakasih mas herdi , mas adit , mas iswara ,mas indra , naufal ,dll .. kalian hebat :) dan semoga Tradisi Sistem informasi Telkom University Juara di cyber jawara akan terus berlanjut ke generasi generasi berikutnya :)

               "Sistem informasi Satu Hati Selalu Di Depan "

5 comments:

  1. Kerren kerrreeeeennn..........

    ReplyDelete
  2. Kak, kuliah di Sistem Informasi menyenangkan gak?
    Mata kuliahnya apa aja?
    bagi pengalaman dong kak, soalnya saya berencana masuk SI juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyenangkan kok dicoba saja :D
      ini kalau mau tau matkul"nya yg di si
      http://bis.telkomuniversity.ac.id/web/kurikulum/kurikulum-2012/

      Delete

Follow me on Twitter! Follow me on Twitter!